Sabtu, 28 Februari 2015

Bahaya Menakutkan Akibat Mengorek Telinga Pakai Tusuk Telinga

                                         
CekSehat - Untuk sobat cek-sehat, kali ini penulis akan memberikan informasi tentang bahaya ketika membersihkan telinga dengan cara menusuknya.

Kotoran telinga merupakan salah satu jenis cairan tubuh yang biasanya tidak terlalu diperhatikan oleh banyak orang. Saat ini banyak orang membersihkan kotoran telinganya dengan menggunakan cotton bud (kapas). Akan tetapi, tahukah Anda bahwa hal ini dapat berbahaya bagi kesehatan telinga Anda sendiri bung?

Kotoran telinga merupakan kombinasi antara serumen (suatu zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak tubuh Anda untuk menjaga kelembaban kulit di dalam telinga) dan sel-sel kulit mati yang dihasilkan oleh liang telinga setiap orang.

Tahukah Anda bahwa telinga manusia telah diciptakan untuk dapat membersihkan dirinya sendiri? Telinga dibentuk sedemikian rupa sehingga ia dapat membersihkan dirinya sendiri dengan mendorong kotoran telinga keluar dari dalam liang telinga dengan sendirinya.

Jadi, saat Anda mengorek telinga Anda dengan menggunakan cotton bud, maka hal ini dapat mengganggu proses pengeluaran kotoran telinga secara alami dan membuat telinga Anda menghasilkan lebih banyak kotoran telinga.

Selain itu, seiring dengan berlalunya waktu, mengorek telinga justru dapat mendorong kotoran telinga masuk ke dalam liang telinga dan menyumbat liang telinga Anda, yang membuat Anda membutuhkan pertolongan tenaga medis (dokter spesialis THT) untuk mengeluarkannya.

Selain cotton bud, berbagai alat pengorek telinga atau berbagai benda lainnya yang Anda gunakan untuk mengeluarkan kotoran telinga juga dapat berbahaya bagi kesehatan telinga Anda, terutama bila Anda menggunakan benda-benda tajam. Karena selain dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan kotoran pada liang telinga, benda-benda tajam ini juga dapat membuat gendang telinga robek.

Cara membersihkan kotoran telinga lainnya yang juga perlu dihindari adalah ear candle dan menggunakan air dan alat suntik.

Itulah bahaya ketika mengorek telinga dengan menusuknya.

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Popular Posts

Setiap Artikel Mempunyai Hak Cipta ©. Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *