Rabu, 29 Juni 2016

Pengertian dan Manfaat Senam Aerobik


CekSehatSebelum mengenal lebih jauh tenntang senam aerobik, penulis akan memberikan sedikit pengertahuan sejarah dari senam aerobik.
Dimulai dari Dr. Kenneth Cooper memperkenalkan kebugaran aerobic pada dunia pada tahun 1960-an. Pada tahun 1970-an tarian aerobic menjadi berubah sejak tarian yang populer. Pada saat itu, sekelompok orang mempelajari tarian dalam jangka waktu sekitar enam sampai delapan minggu. Tarian – tarian ini diadakan di gereja , pusat rekreasi, klub kebugaran dan juga sekolah . Pada era ini, aerobic telah jauh berkembang pesat dan berbeda. Sekarang aerobic bisa dilakukan secara individu dengan menirukan gerakan senam yang terdapat dalam Video Senam Aerobic.

Senam aerobik adalah aktivitas gerakan guna mengaktifkan otot-otot tubuh. Jika dilakukan secara teratur dan konsisten, aktivitas ini ternyata mendatangkan banyak manfaat. Latihan aerobik atau kardiovaskular adalah bentuk-bentuk aktivitas yang bertujuan meningkatkan denyut jantung selama durasi tertentu. Senam Aerobik biasanya dilakukan perorangan maupun kelompok secara berirama, menggunakan otot-otot besar, serta penggunaan sistem energi dengan oksigen. Tujuannya untuk meningkatkan dan memelihara kebugaran tubuh serta tujuan lain yang relevan serta penggalian nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. 

Jenis-jenis senam aerobik

Dengan menggunakan musik sebagai pengiring senam aerobik dapat dibagi menjadi 5 jenis antara lain sebagai berikut.

• Aerobik sport (Aerobik Keras)
• Discoaerobik
• Rockaerobik
• Low Impact aerobik
• Flight Impact Aerobik

Pada dasarnya gerakan senam aerobik yang paling menonjol adalah gerakan kaki dan gerakan lengan. Adapun macam-macam gerakan kaki dan gerakan lengan sebagai berikut :

Gerakan Kaki:
-Langkah Tunggal
-Langkah Ganda
-Heel Touch
-Knee Up
-Lounges
-V Step
-Skip (low kick)
-Jumping Jack
-High Kick
-Ball of Feed Touch
-March
-Jog dan lain-lain.

Manfaat senam aerobik

Cukup dilakukan seminggu sekali selama kurang lebih satu jam, Anda dapat merasakan manfaat satu di antara jenis olahraga ini.
Adapun beberapa manfaat senam aerobik yang perlu Anda ketahui :

• Meningkatkan fungsi jantung.
• Meningkatkan kinerja paru-paru dan meningkatkan stamina serta kekuatannya.
• Meningkatkan koordinasi tubuh Anda, khususnya yang sudah memasuki usia renta.
• Meningkatkan kekebalan tubuh.
• Mencegah Anda dari berbagai penyakit, termasuk diabetes, kolesterol, tekanan darah dan lainnya.
• Melawan depresi, karena olahraga mampu meningkatkan mood seseorang
• Membantu menurunkan berat badan.
• Aerobik membantu membentuk tubuh lebih sempurna. Hal ini tentunya mampu meningkatkan rasa percaya diri Anda, termasuk dalam percintaan. Pasangan akan lebih mengagumi tubuh Anda dan meningkatkan kemesraan.

Hampir di semua tempat kebugaran menyediakan program senam aerobik. Waktunya pun fleksibel, pagi dan sore sehingga memudahkan para wanita pekerja untuk tetap mendapatkan manfaat senam aerobik. Jika masih tidak memiliki waktu di hari kerja, Anda bisa mengikuti senam aerobik di minggu pagi yang biasanya free.


Semoga bermanfaat yaa...

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Popular Posts

Setiap Artikel Mempunyai Hak Cipta ©. Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *