Kamis, 02 Juni 2016

Ketahui Penyebab Batu Empedu

CekSehat - Batu Empedu merupakan timbunan kristal di dalam kandung empedu atau di dalam saluran empedu.
Batu yang ditemukan di dalam kandung empedu disebut kolelitiasis, sedangkan batu di dalam saluran empedu disebut koledokolitiasis.Ukuran batu empedu berbagai macam bung. Ada yang sekecil butiran pasir dan ada yang sebesar bola ping pong. Jumlah batu yang terbentuk dalam kantong empedu juga bervariasi, misalnya ada orang yang hanya memiliki satu buah batu dan ada yang lebih banyak.

Penyebab Terjadinya Penyakit Batu Empedu

Seteha penulis menguraikan pengertian tentang Batu Empedu, penulis akan memberikan penyebab dari penyakit yang satu ini bung. Perlu diketahui Batu empedu diduga terbentuk akibat pengerasan kolesterol yang tertimbun di dalam cairan empedu. Hal ini terjadi karena adanya tidak seimbangnya antara kolestrol dan senyawa kimia dalam cairan tersebut. Batu empedu lebih banyak ditemukan pada wanita dan faktor resikonya adalah sebagai berikut:

-usia lanjut
-kegemukan (obesitas)
-diet tinggi lemak
-faktor keturunan.

Cairan empedu mengandung sejumlah besar kolesterol yang biasanya tetap berbentuk cairan. Jika cairan empedu menjadi jenuh karena kolesterol, maka kolesterol bisa menjadi tidak larut dan membentuk endapan diluar empedu.

Sebagian besar batu empedu terbentuk di dalam kandung empedu dan sebagian besar batu di dalam saluran empedu berasal dari kandung empedu.
Batu empedu bisa terbentuk di dalam saluran empedu jika empedu mengalami aliran balik karena adanya penyempitan saluran atau setelah dilakukan pengangkatan kandung empedu.

Batu empedu di dalam saluran empedu bisa mengakibatkan infeksi hebat saluran empedu (kolangitis), infeksi pankreas (pankreatitis) atau infeksi hati. Jika saluran empedu tersumbat, maka bakteri akan tumbuh dan dengan segera menimbulkan infeksi di dalam saluran. Bakteri bisa menyebar melalui aliran darah dan menyebabkan infeksi di bagian tubuh lainnya.

Batu empedu umumnya tidak menyebabkan sakit, jadi tidak membutuhkan penanganan khusus. Tetapi jika batu ini menyumbat saluran kantong empedu, penderita akan mengalami gejala sakit pada bagian kanan perut yang datang secara tiba-tiba atau istilah medisnya kolik bilier.

Semoga bermanfaat.

Baca juga

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Popular Posts

Setiap Artikel Mempunyai Hak Cipta ©. Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *