Jumat, 03 Juni 2016

7 Jenis Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa


CekSehat - Pada saat berbuka puasa pasti banyaknya makanan dan minuman yang diinginkan untuk dikonsumsi. Selera ketika sudah berbuka puasapun jadi tinggi. Perlu diketahui tentang jenis makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan dan minuman yang tepat, maka hal itu akan menjadi baik untuk kesehatan jasmani tubuh. 

Di bawah ini penulis akan membagikan informasi tentang 7 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa.

1. Air putih

Berbuka dengan air putih sangat baik untuk menghilangkan dehidrasi tubuh kita. Kita disarankan untuk minum minimal 8 gelas setiap harinya. Di bulan Ramadhan, kita dapat memaksimalkan konsumsi air kita pada malam hari, yaitu pada waktu berbuka, makan malam, menjelang tidur dan pada saat sahur. Selain air putih, teh, juice, susu juga baik dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Sebaiknya jangan dalam keadaan dingin.

2. Kurma

Kurma mengandung zat yang kaya akan glukosa, fruktosa, dan sukrosa dengan kadar kalori yang rendah, hal ini sangat efektif untuk mengembalikan energi pada sel-sel otak, sel syaraf, sel tulang belakang, sel darah merah dan seluruh tubuh. Selain itu, kandungan garam pada Kurma juga sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan tingkat keasaman pada darah. Kandungan vitamin pada kurma terdapat Vitamin A, B12, B2 dan juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, natrium, fosfor dan lainnya.


3. Buah-Buahan
Buah-buahan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Buah dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi dehidrasi setelah berpuasa satu hari penuh. Buah-buahan sangat mudah dicerna usus, maka dari itu anjuran ini sangat efektif untuk kita lakukan.

Sedangkan pilihan buah yang bisa anda konsumsi adalah buah yang banyak mengandung serat, mudah dicerna dan mengandung kadar gula (buah manis) seperti pisang, apel, pepaya, melon, anggur dan lain sebagainya.

4. Yogurt

Yogurt, bernutrisi tinggi dan rendah kalori. Yogurt dan buah sangat baik dimakan saat berbuka puasa sebagai pengganti kolak, karena tidak mengandung banyak perasa, pemanis (gula) dan pengawet makanan.


5 Madu

Madu, banyak sekali memiliki manfaat, beberapa diantaranya adalah mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat menyembuhkan hampir semua penyakit. Kandungan karbohidrat (glukosa dan fruktosa) yang langsung cepat diserap tubuh akan berfungsi untuk mengembalikan energi dan stamina untuk tubuh kita.

Manfaat besar mengkonsumsi madu saat berbuka puasa juga akan memberikan vitamin dan mineral untuk tubuh kita, hal itu karena madu mengandung kalium, kalsium, natrium, magnesium, zat besi, phosphor, sulfur dan mangan. Madu juga dapat melancarkan metabolisme dan mengatasi gangguan pencernaan.

6. Ikan

Ikan banyak sekali manfaatnya untuk tubuh, hal itu karena daging ikan mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, antioksidan, protein hewani, vitamin D dan B2 serta sejumlah mineral. Kandungan pada omega 3 (EPA dan DHA) pada ikan membuat pertumbuhan sel saraf otak dengan baik, melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan jantung, mencegah peradangan, menjaga organ penglihatan dan baik untuk tulang.

7. Sayur-Sayuran

Saat lambung kita istirahat satu harian, maka ketika hendak berbuka tubuh membutuhkan jenis makanan yang mudah dicerna, hal itu karena ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang. Apabila yang kita konsumsi terdapat makanan yang berat saat berbuka puasa, lambung akan shock dan bekerja lebih berat, tentunya ini tidak baik untuk kesehatan.

Semoga bermanfaat yaa, selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramdhan.

Baca juga

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Popular Posts

Setiap Artikel Mempunyai Hak Cipta ©. Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *