Rabu, 08 Juni 2016

7 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami


CekSehatAir Susu Ibu (ASI) merupakan makanan terbaik paling utama yang dibutuhkan oleh bayi, karena di dalamnya terkandung segudang nutrisi alami yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Di dalam ASI mengandung gizi yang sangat baik dan terlengkap dan tidak bisa tergantikan oleh makanan apapun. Sayangnya, tak semua Ibu memiliki ASI yang berlimpah.

Di bawah ini penulis akan membagikan 7 Cara memperbanyak ASI, yaitu:

1. Berikan ASI sesering mungkin

Satu di antara cara mudah agar produksi ASI Ibu  meningkat adalah dengan memberikan ASI sesering mungkin. Menyusui bayi sesering mungkin dapat meningkatkan frekuensi menyusui bayi. Semakin sering penyaluran ASI maka akan meningkatkan produksi ASI secara alamiah.

2. Memberikan bayi mengonsumsi ASI dalam waktu yang lama

Tujuan dari memberikan bayi kesempatan mengonsumsi ASI dalam waktu yang lama untuk mengosongkan ASI yang telah diproduksi untuk merespon produksi ASI selanjutnya. Inilah alasannya, Ibu tidak perlu membuat jadwal menyusui bayi melainkan memberikan ASI setiap bayi memerlukannya.

3. Berikan ASI dengan payudara yang berbeda-beda

Agar bayi tak bosan, Ibu dapat menyusui dengan payudara yang berbeda-beda. Bayi juga akan menyesuaikan dengan cara menghisap. Sebenarnya fungsi utama menyusui dengan payudara yang berbeda adalah untuk mengalirkan ASI, sehingga ASI yang sudah diproduksi sebaiknya di alirkan dan ASI akan diproduksi kembali.

4. Memijat payudara

Memijat payudara dengan benar dan tepat dapat membantu Ibu dalam memperbanyak ASI. Caranya yaitu dengan Ibu dapat memijat dari bagian pangkal buah dada kemudian tekan dinding dada dengan menggunakan kedua jari. Selanjutnya Ibu dapat melakukan gerakan melingkar pada bagian payudara selama beberapa detik lanjutkan dengan memindahkan jari pada daerah berikutnya. Ibu dapat mengarahkan pijatan dengan memutar atau radial menuju bagian puting. Kemudian kepalkan tangan untuk memberikan tekanan pada masing masing jari.

5. Suasana yang tenang dan rileks

Saat menyusui bayi, buatlah suasana yang tenang dan rileks yang disertai dengan melakukan kontak kulit kepada bayi, seperti membelai dan juga melakukan komunikasi untuk memicu keluarnya hormon oksitosin yang memang berperan dalam memproduksi ASI.

6. Jangan stres

Stres dapat membuat produksi ASI menjadi terhambat, karena stres dapat berperan besar pada pemberian ASI sehingga dapat menurunkan kemampuan alami dalam memproduksi ASI. Banyaklah istirahat untuk memberikan ketenangan pada tubuh dan membuat produksi ASI meningkat.

7. Mengonsumsi banyak air putih

Mengonsumsi air putih secara cukup dapat mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh dan juga dapat membantu memperbanyak ASI. Selain itu, jus buah dan sayuran segar juga memiliki fungsi yang sama.

Semoga ke-7 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami dapat bermanfaat.

Sumber: Babycenter.com

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Popular Posts

Setiap Artikel Mempunyai Hak Cipta ©. Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *