Selasa, 31 Mei 2016

7 Cara Mengobati Penyakit Flu atau Pilek



CekSehat - Influenza atau banyak dikenal dengan flu atau pilek merupakan infeksi virus yang terjadi pada alat pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru, sehingga mempengaruhi kinerja hidung, tenggorokan dan yang paling jarang terjadi, paru-paru. Penyakit Flu ini dapat dengan mudah mudah menular dan menyebar dari satu orang ke orang lain melalui berbagi cara seperti berbagi minuman, berbagi alat makan, kontak langsung, pernafasan, batuk dan bersin.

Nah, setelah kita mengeahui apa saja hal yang dapat menyebabkan flu, penulis akan berbagi tips tentang cara mengatasi flu atau pilek. Di bawah ini ada 7 Tips Cara Mengatasi Flu atau Pilek Secara Alami :


1. Perbanyak Minum Air Putih

Mengapa harus minum air putih? jawabannya simple, karena air putih memang mempunyai segudang manfaat yang di antaranya juga dapat membantu mengobati penyakit flu atau pilek. Usahakan minum air puith minimal 8 gelas / harinya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan anda bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu. Dan menyegarkan tenggorokan juga.

2. Meminum Minuman Hangat

Selain dengan memperbanyak minum air putih, juga dapat meminum minuman yang hangat-hangat misalnya, air puith hangat, air teh hangat, kopi dan sebagainya namun jangan terlalu hangat yaa. Mengapa harus minuman hangat? Jawabannya karena pada saat flu, akan ada banyak cairan yang terbuang melalui ingus, ludah dan keringat. Maka dari itu, sangat disarankan agar banyak minum air, tujuannya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Mengapa harus air hangat? karena cairan hangat dapat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir.

3. Beristirahat Total

Kondisi tubuh yang lelah akan menyebabkan kekebalan tubuh melemah dan flu akan menyerang saat kondisi tubuh yang sistem kekebalannya melemah. Maka dari itu, sangat disarankan untuk melakukan istirahat total dan berhenti bekerja untuk sementara waktu, agar sistem kekebalan tubuh menjadi kembali seperti seharunya.

4. Konsumsi Buah dan Sayuran

Saat kondisi tubuh anda melemah, otomatis sistem kekebalan tubuh anda akan melemah. Maka dari itu tubuh perlu asupan vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh dan membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.


5. Berkumur

Berkumur bisa menjadi satu di antara solusi saat flu menyerang. Mengapa harus berkumur? tujuannya untuk membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan. Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam, cuka apel, kunyit jahe agar hasilnya maksimal.

6. Mandi dengan Air Hangat

Saat anda mengalami flu, usahakan jangan mandi menggunakan air yang dingin. Tapi selalu gunakan air hangat tujuannya yaitu untuk menjaga agar tubuh tetap hangat. Tapi, jangan terlalu hangat yaa, nanti kehangatan.hehehe

7. Campuran Madu dan Jahe

Semua orang pasti sudah tahu madu, selain rasanya yang enak, madu ini juga kaya akan manfaat yang diantaranya juga bermanfaat dalam mengatasi penyakit flu atau pilek. Caranya, ambil 2 ruas jahe, kemudian parut dan campurkan dengan madu. Lalu makanlah 3x sehari.

Semoga bermanfaat.

Baca juga

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Popular Posts

Setiap Artikel Mempunyai Hak Cipta ©. Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *