Jumat, 24 April 2015

7 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan


CekSehat-Manfaat wortel sangat beragam, tidak hanya untuk kesehatan tapi juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya bung.Wortel yang secara luas dikenal sebagai sumber vitamin A guna menyehatkan mata, ternyata memiliki bebagai manfaat lain. Tentu saja apabila sayuran bewarna jingga ini, dikonsumsi secara rutin. Sama seperti manfaat buah dan sayuran pada umumnya, manfaat wortel ini juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia.

Di bawah ini penulis akan memberikan informasi tentang 7 Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Kandungan Gizi Wortel

Menurut departemen pertanian Amerika, satu wortel berukuran sedang atau ½ cangkir wortel cincang dapat dianggap sebagai satu porsi. Satu porsi wortel memiliki kandungan 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein.

Wortel kaya akan vitamin A

Wortel adalah makanan yang paling kaya akan vitamin A, menyediakan sekitar 210% dari kebutuhan orang dewasa per hari. Wortel juga mengandung 6% dari kebutuhan vitamin C, 2% dari kebutuhan kalsium dan 2% dari kebutuhan zat besi per porsinya.

Antioksidan

Sayuran ini memiliki kandungan antioksidan beta-karoten yang menjadikan wortel memiliki warna oranye yang cukup terang. Beta-karoten diserap dalam usus dan diubah menjadi vitamin A selama proses pencernaan.

Kandungan Vitamin dan Mineral

Wortel merupapakan sayuran yang sangat super, ia juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Mengatasi kulit kering

Kulit kering merupakan masalah klasik yang biasa dialami oleh kaum pria, namun tidak menutup kemungkinan kaum perempuan juga mengalaminya. Kekurangan kalium merupakan salah satu faktor pemicu kulit menjadi kering. Wortel menjadi agen yang menawarkan kalium untuk kulit. Dengan suplai kalium yang cukup, maka kulit tubuh akan lembab dan kenyal. Jika Anda mengalami dehidrasi, jus wortel juga mampu menghidrasi tubuh dengan efektif.

Mengurangi rambut rontok

Wortel sarat akan vitamin A dan karotenoid yang menjadi agen penyubur rambut. Dengan terdorongnya pertumbuhan rambut yang sehat, Anda akan terbebas dari masalah kerontokan rambut. Sirkulasi darah di sekitar kulit kepala menjadi semakin lancar karena semua vitamin yang terkandung dalam wortel bekerja sama memberi dampak menyehatkan bagi rambut.

Merubah warna kulit

Berlebihan makan wortel akan memengaruhi warna kulit karena pigmentasi yang tidak sempurna. Perubah warna kulit ini terjadi akibat tubuh mendapat asupan karetonoid berlebihan.
Semoga bermanfaat, jika bermanfaat silakan dishare yaa bung.

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Popular Posts

Setiap Artikel Mempunyai Hak Cipta ©. Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *