Sabtu, 28 Maret 2015

7 Makanan yang Mengandung Probiotik


CekSehat-Probiotik merupakan bakteri hidup yang diberikan sebagai suplemen makanan yang mempunyai pengaruh menguntungkan pada kesehatan manusia bung, dengan memperbaiki keseimbangan mikroflora intestinal. Mikroflora yang digolongkan sebagai probiotik adalah mikroflora yang memproduksi asam laktat terutama dari golongan Lactobacilli dan Bifidobacteria.

Probiotik yang dikenal orang di antaranya Bakteri Lactobacillus, Streptococcus, E.Coli dan Bifidobacterium. Fungsi probiotik bermacam-macam. Ada yang membantu penyerapan nutrisi, ada yang dapat memproduksi vitamin, ada yang membantu melawan pertumbuhan bakteri jahat, ada juga yang berperan dalam ekosistem usus manusia.

Di bawah ini penulis akan membagikan 7 Makanan yang mengandung probiotik, yaitu :

1. Yoghurt
Kandungan bakteri baik di dalam yoghurt bukan cuma menguntungkan pencernaan tapi juga bisa melangsingkan hingga mempercantik kulit. Yogurt mungkin merupakan sumber probiotik yang paling dikenal di dunia. Manfaat yoghurt bisa mengurangi diabetes juga bung.

2. Tempe
Tempe bisa menjadi lauk untuk teman makan nasi, bisa juga menjadi camilan. Anda bisa menggoreng, membakar, atau menumisnya, semuanya bisa menjadi enak bung. Meskipun harganya murah, tempe sangat bergizi. Makanan yang mengandung vitamin B12 ini bisa menjadi pengganti daging, sementara kandungan probiotiknya bisa menyehatkan pencernaan manusia bung.

3. Susu kedelai
Kedelai sendiri pada dasarnya mengandung beberapa manfaat probiotik. Beberapa produk susu kedelai yang tersedia di pasaran sekarang ini telah menambahkan kadar bakteri aktifnya. Seperti juga saat Anda membeli yogurt bung.


4. Susu Sapi
Ada beberapa produk susu di pasaran yang belakangan ini menambahkan probiotik ke dalamnya. Beberapa penelitian melaporkan bahwa susu probiotik bisa saja menyebabkan kembung dan gas di dalam perut, yang umumnya terjadi pada anak-anak dan kaum lanjut usia.

5. Acar
Ketika Anda membeli nasi goreng, mi goreng, atau hidangan China yang diberi tambahan acar, jangan langsung membuangnya karena tidak suka. Ada juga kok, acar yang tidak terlalu asam -bahkan cenderung manis- sehingga bisa dikudap langsung. Acar mengandung cukup banyak jumlah probiotik yang berguna untuk kesehatan pencernaan.

6. Kimchi
Ketika Anda bersantap di restoran Korea, biasanya akan disajikan berbagai pilihan kimchi hingga semeja penuh jumlahnya. Setelah Anda puas mengudapnya, barulah hidangan utama disajikan. Kimchi yang masih kental cita rasa Koreanya memang cenderung lebih asam dan pedas. Namun sayuran yang difermentasi ini kaya akan vitamin, kalsium, dan probiotik, sehingga sebaiknya tidak melewatkannya saat disajikan di atas piring Anda.

7. Sauerkraut
Hidangan khas Jerman yang bisa digambarkan sebagai acar kol ini biasanya disajikan seperti salad, yang menemani hidangan utamanya. Anda juga bisa menambahkan sauerkraut ke dalam hot dog atau hidangan ikan yang Anda masak.

Semoga bermanfaat, jika bermanfaat silakan share bung.

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Popular Posts

Setiap Artikel Mempunyai Hak Cipta ©. Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *