Sabtu, 14 Maret 2015

7 Langkah Selamatkan Ginjal Anda


CekSehat-Ginjal berfungsi untuk menyaring zat yang beracun dari darah, mengontrol kadar air dalam tubuh dan membantu pembentukan hormon bung. Jika tidak berfungsi normal lagi, maka ginjal akan mengalami kerusakan. Di bawah ini penulis akan memparkan 7 langkah melindungi ginjal untuk sehari-hari.

1. Tetaplah Bugar dan Aktif

Olahraga sangat penting untuk menjaga tekanan darah pada level normal dan mencegah penyakit Diabetes melitus. Penyakit tersebut merupakan penyebab terbesar penyakit gagal ginjal kronis. Menurut statistik, 30% pasien cuci darah menderita Diabetes.

2. Perhatikan Kadar Gula Darah

Upayakan agar gula darah anda berada dalam level yang stabil. Karena diabetes merusak pembuluh bung. Ginjal terdiri atas ribuan pembuluh yang memastikan zat beracun dikeluarkan dari tubuh. Fungsi ginjal berkurang drastis ketika pembuluh di dalamnya mulai mengalami kerusakan.

3. Ukurlah Tekanan Darah Anda secara Rutin

Tekanan darah tinggi adalah penyebab terbesar kedua kegagalan ginjal. Jika pembuluh darah mendapat tekanan tinggi dalam waktu lama, ia akan mengalami kerusakan. Untuk mempertahankan kesehatan ginjal, tekanan darah yang optimal berkisar di bawah 140/90 mm Hg. Jadi upayakan agar tekanan darah anda selalu stabil, kalau perlu dengan obat-obatan sekalipun.

4. Makan Makanan Sehat

Makanan yang sehat banyak mengandung vitamin seperti pada buah-buahan, sayur dan serat pangan mencegah kegemukan dan dengan begitu kerusakan ginjal. Penyakit kegemukan biasanya dibarengi dengan tekanan darah tinggi dan Diabetes. Salah satu yang paling penting adalah mengurangi konsumsi garam demi menghindari tekanan darah tinggi.

5. Cukup Minum

Cairan berupa air mineral dibutuhkan agar ginjal bisa menyaring zat beracun dari tubuh manusia. Jumlah ideal adalah 1,5 hingga 2 liter per hari. Jika terlalu banyak, konsumsi air malah bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Jumlah tersebut dianjurkan untuk manusia dengan ginjal yang sehat. Pasien cuci darah sebaliknya harus mengurangi konsumsi air mineral.

6. Berhenti Merokok

Rokok adalah pembunuh pembuluh nomer wahid. Karena pembuluh di dalam ginjal bertanggungjawab menyaring zat beracun, rokok tidak cuma merusak pembuluh tetapi juga membunuh ginjal anda.

7. Hindarilah Pain Killer

Ginjal manusia bereaksi sensitif terhadap "konsumsi berlebihan" obat-obatan penahan rasa sakit. Pada ginjal yang pernah bermasalah, konsumsi pain killer dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Jika anda pernah mengalami sakit ginjal, upayakan mengkonsumsi obat penahan sakit yang ramah pada ginjal.

Semoga bermanfaat bagi pengunjung kali ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Popular Posts

Setiap Artikel Mempunyai Hak Cipta ©. Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *