Kamis, 05 Mei 2016

7 Jenis Kejuaraan Balap Motor




CekSehat - Penulis akan membagikan utuk kategori Balap Sepeda Motor. Balap motor adalah olahraga otomotif yang menggunakan sepeda motor. Balap motor, khususnya road race, cukup populer di Indonesia. Hampir tiap minggu di berbagai daerah di Indonesia even balap motor diselenggarakan. Selain road race, balap motor jenis lain yang cukup sering diadakan adalah motorcross, drag bike, grasstrack dan supersport.

Terdapat beragam jenis olah raga yang menggunakan sarana motor balap. Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) adalah badan Internasional yang berfungsi menaungi berbagai jenis kegiatan-kegiatan olahraga balap motor tersebut.

1. Road Racing


Asal muasal road racing atau balap jalanan adalah balapan yang lokasi lombanya di jalan umum seperti Grand Prix Macau, lintasan Isle of Man TT (Tourist Trophy) dan beberapa lintasan di Ireland. Namun, balapan ini sekarang dipindahkan ke lintasan-lintasan yang dibangun khusus karena lintasan yang ada di jalan umum terlalu bahaya dan terlalu beresiko.


2. Cicuit Racing



Circuit racing atau balap sirkuit merupakan balapan yang menggunakan motor pabrikan yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa dan menggunakan sirkuit yang sudah dirancang khusus pula.

Jika Anda mengetahui balapan motor dengan level tertinggi, yaitu motoGP itulah kejuaraan yang dinamakan balap sirkuit. Motornya dirancang khusus untuk balapan dan tidak dijual secara bebas.

Satu lagi contohnya World Superbike, yaitu contoh balapan yang menggunakan motor yang diproduksi massal dan dijual secara bebas, namun motor yang digunakan untuk balapan di modifikasi terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan.

3. Classic Racing

Classic racing atau balap klasik adalah balap motor yang pembalapnya menggunakan motor -motor sebelum pertengahan tahun 70-an yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk dibalapkan di lapangan sirkuit.

4. Moto Cross


Nah, yang satu ini sangat menarik untuk disaksikan, yaitu motocross. Kejuaraan ini dilombakan menggunakan lintasan berlumpur dan memiliki tanjakan yang cukup tinggi untuk dilewati. Biasanya moto cross memiliki seni tersendiri ketika berada di udara. Dengan gaya masing-masing dari pembalapnya.

5. Supermoto

Supermoto merupakan gabungan dari balapan jalanan dengan motocross. Motor yang digunakan untuk balapan umumnya menggunakan motocross, namun bannya diganti dengan ban motor balap jalanan. Lintasannya pun gabungan antara lintasan jalanan beraspal dengan lintasan berlumpur.

6. Speedway

Speedway ini bisa dikatakan cukup sulit. Karena rintangannya terlalu banyak. Dari segi sirkuitnya saja sudah sulit, yaitu sirkuit yang berbentuk oval. Bayangkan saja lintasan lurus saja sudah sulit apalagi lintasan oval.

Selain itu, pembalap juga berlomba dengan gaya khas, yaitu mengepot, berbelok dengan menggeser roda belakang motor untuk mempermudah pembalap dalam melewati sirkuit yang berbentuk oval tersebut.

7. Drag Race Moto

Apakah kamu sering menonton film balapan motor? Nah, biasanya kejuaraan yang sering digunakan dalam film adalah drag race motor. Kejuaraan ini dilakukan dengan dua pembalap yang mulai balapan di belakang garis start dengan tanda start berupa lampu.

Pada saat lampu menyala, maka pembalap harus memacu gas motornya melewati dua lintasan yang lurus sejauh 1/4 mil. Bagi pembalap yang mampu menempuh waktu paling singkat untuk menuju garis akhir, maka dia dinyatakan sebagai pemenangnya.

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Popular Posts

Setiap Artikel Mempunyai Hak Cipta ©. Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *