Jumat, 10 Juli 2015

7 Dampak Buruk Tidur Setelah Makan Sahur


CekSehat-Kebiasaan tidur setelah sahur itu merupakan hal yang tidak baik bagi kesehatan kita bung. Namun biasanya orang-orang menganggap hal ini menjadi sepele, sehingga tidak menghiraukan dampaknya pada kesehatan. Di bawah ini penulis akan membagikan tentang Dampak buruk tidur setelah makan sahur.

1. Peningkatan berat badan

Tidak peduli berapa banyak makanan yang dimakan, berat badan bisa membengkak karena kebiasaan tidur setelah sahur. Penyebabnya tubuh tidak punya kesempatan untuk membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi saat sahur.

2. Heartburn

Heartburn adalah sensasi terbakar yang menyakitkan di sekitar ulu hati hingga kerongkongan akibat refluks asam lambung. Ketika berbaring setelah makan, sistem pencernaan memang bekerja terlalu keras sehingga meningkatkan risiko refluks asam lambung yang bisa naik dari lambung sampai ke kerongkongan. Itulah sebabnya jika Anda merasa mual saat berpuasa.

3. Refluks asam

Refluks asam terjadi ketika katup antara perut dan esofagus tidak tertutup secara sempurna. Hal tersebut bisa terjadi ketika tubuh sedang berbaring. Akibatnya, asam dari lambung naik ke tenggorokan. Kondisi ini tentu membahayakan, terutama bagi penderita maag.

4. Stroke

Efek buruk berikutnya dari tidur setelah makan sahur adalah meningkatkan risiko stoke. Menurut sebuah penelitian, kondisi refluks asam memicu apnea tidur yang berkaitan dengan stroke. Sementara teori lain mengatakan kalau sistem pencernaan yang tak lancar memengaruhi kinerja tekanan darah dan kadar gula yang meningkatkan risiko stroke.

5. Gangguan pencernaan

Normalnya isi lambung akan kembali kosong sekitar 2 jam setelah makan. Tapi jika kamu segera tidur setelah sahur, maka proses tersebut akan terhambat. Sehingga muncul sembelit atau mencret tergantung makanan yang dimakan.

6. Serangan jantung

Bagi penderita kolesterol, lemak dalam darah akan semakin menumpuk. Sehingga aliran oksigen (O2) akan tersumbat dan menyebabkan serangan jantung.

7. Sakit kepala

Pernah gak mengalami sakit kepala setelah bangun tidur selepas makan sahur? Sakit kepala bagian atas dan belakang serta bagian leher terasa kaku dan sakit. Hal ini disebabkan serebrospional bergerak ke otak yang merupakan efek tidur setelah makan.

Itulah berbagai efek buruk dari tidur setelah sahur bagi kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Popular Posts

Setiap Artikel Mempunyai Hak Cipta ©. Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *